Sabtu, 17 Desember 2016

Tugas ke 5 Pengantar Bisnis: Manajemen Pemasaran

TUGAS V

Manajemen Pemasaran


Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980). Kata manajemen sering diartikan sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling “pengawasan” yang dilakukan untuk mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Tujuan manajemen pemasaran untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Faktor terpenting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi. Fungsi manajemen pemasaran sendiri meliputi riset pembeli atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan pada konsumen. Tentunya semua kegiatan ini dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Terdapat 3 unsur dalam manajemen pemasaran, yaitu orientasi pada konsumen atau pembeli yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, perencanaan kegiatan-geiatan pemasaran secara menyeluruh dan kepuasan konsumen. Kepuasan kosumen tidak hanya diukur dan dilihat dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari cara maupun strategi pemasaran yang dijalankan. Proses manajemen tersebut di jalankan untuk dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen sangatlah beragam dan selalu berubah-ubah serta tak bisa terpenuhi. Kepuasan konsumen yang belum terpenuhi ini biasanya menjadi satu keuntugan atau peluang bagi pembisnis yang perlu di manfaatkan.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar