TUGAS V
Manajemen Pemasaran
Manajemen
Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar
yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Kata manajemen sering diartikan
sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan controlling “pengawasan” yang dilakukan untuk mencapai
target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran
yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai
ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Tujuan manajemen pemasaran untuk memberikan
kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Faktor terpenting dalam menciptakan
nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi pemasaran merupakan
penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi. Fungsi manajemen pemasaran
sendiri meliputi riset pembeli atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi
dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian
pelayanan pada konsumen. Tentunya semua kegiatan ini dilakukan untuk dapat
memenuhi kebutuhan konsumen.
Terdapat 3 unsur dalam manajemen pemasaran,
yaitu orientasi pada konsumen atau pembeli yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, perencanaan kegiatan-geiatan pemasaran secara menyeluruh dan kepuasan konsumen. Kepuasan kosumen tidak hanya diukur dan dilihat dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari cara maupun strategi pemasaran yang dijalankan. Proses manajemen tersebut di jalankan untuk
dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang nantinya dapat memenuhi
kebutuhan dan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen sangatlah beragam dan selalu berubah-ubah serta tak bisa terpenuhi. Kepuasan konsumen yang belum terpenuhi ini biasanya menjadi satu keuntugan atau peluang bagi pembisnis yang perlu di manfaatkan.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar