TUGAS VII
BISNIS
INTERASIONAL
Bisnis
internasional dapat diartikan sebagai aktivitas transaksi bisnis di antara
beberapa negara yang melibatkan pihak-pihak individu perorangan, individu
perusahaan, kelompok perusahaan, atau agen-agen internasional dan juga
diartikan sebagai studi yang mempelajari aktivitas tersebut (Rusdin, 2002).
Bisnis
internasional dilakukan agar pelaku bisnis dapat mencari dan merumuskan
kebutuhan pelanggan global secara lebih baik. Bisnis internasional sebagai
sebuah disiplin relatif baru, tetapi bisnis internasional sebagai praktik
bisnis merupakan sebuah peristiwa yang telah berlangsung lama. Bahkan, sebelum
Masehi, pedagang-pedagang Venesia dan Yunani mengirim wakil-wakil ke luar
negeri untuk menjual barang-barang yang telah di produksi. Bisnis internasional
dilakukan agar pelaku bisnis dapat mencari dan merumuskan kebutuhan pelanggan
global secara lebih baik sehingga dapat berkompetisi, baik di lingkungan
domestik maupun internasional, serta mengoordinasikan berbagai aktivitas
pemasaran dalam menghadapi kendala lingkungan global.
Dalam
bisnis internasional, terdapat beberapa aktivitas pokok yang menjadi ciri
penting yang terjadi dalam bisnis internasional di berbagai negara, yaitu Visible trade “merchandise export and import”
meliputi perdagangan barang-barang berwujud, dan Invisible trade “service export and import” meliputi perdagangan
dalam jasa, bank, travel dan akunting. Bisnis internasional lebih banyak
dilatarbelakangi untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Seiring dengan
kondisi tersebut, terlihat semakin banyak industri multinasional yang muncul dalam
industri, baik di tingkat regional maupun internasional. Sebagai contoh, di
Amerika Serikat, bangkitnya perusahaan multinasional yang muncul dari
perusahaan lokal regional di Amerika Serikat pada tahun 1880-an dan 1890-an
terjadi secara bersamaan dengan bangkitnya perusahaan nasional.
Daftar Pustaka
http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/ADBI4432-M1.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar